Air Terjun Bali Gitgit

15 Oct

Air Terjun Bali Gitgit

BACA JUGA : Sewa Mobil di Bali

Air Terjun Bali Gitgit adalah tujuan wisata yang indah di bagian utara Bali. Air terjun Gitgit terletak di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 35 meter dan dikelilingi oleh pohon tropis dan memancarkan debit air alami yang selalu ada sepanjang tahun. Air terjun yang suaranya disekitar alamnya memukau sungguh menakjubkan dan merupakan daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang berkunjung. Ada beberapa perkebunan yang melindungi hutan hujan di sekitar air terjun dan di tempat ini kita sering bertemu monyet liar untuk mengambil air dari air terjun ini.
Tujuan Wisata di Bagian Utara Bali
Air Terjun Gitgit merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Bali yang terletak di daerah pedesaan Gitgit, Kecamatan Sukasada dan sekitar 10 Km dari Kota Singaraja atau sekitar 70 Km dari Denpasar. Letaknya di ketinggian tanah sekitar 300 meter di atas permukaan laut. Selain Gitgit, ada titik penting lain seperti monumen perjuangan pahlawan warga Singaraja yang tewas dalam pertempuran melawan penjajah Belanda. Monumen ini disebut Bhuwana Pangkung Bangka. Monumen ini adalah monumen dan idola yang masih ada yang berjuang melawan kolonisasi Belanda. Monumen ini terletak di desa Gitgit dan Kecamatan Sukasada dan sekitar 17 Km dari Kota Singaraja.
Kota ini terletak di tepi bukit. Fasilitas yang tersedia di Gitgit Waterfall ini terdiri dari area parkir, restaurant dan art shop. Tak jauh dari tempat air terjun, ada tempat untuk beristirahat sambil menikmati panorama keindahan teras padi dan Pantai Buleleng. Untuk mengunjungi air terjun Gitgit, semua pengunjung akan mengikuti jalan setapak sampai titik titik. Jalan ini merupakan salah satu penghilangan di zaman Belanda dimana penduduk lokal menggunakannya untuk mengakses daerah lain. Pada tahun 1975, air terjun ini dibuka sebagai tujuan wisata di bagian utara Bali. Karena ditunjuk sebagai daerah tujuan wisata di Bali, banyak turis dari dalam dan luar negeri mengunjungi air terjun ini dan Bali North Tour merupakan salah satu wisata terkenal di Bali yang mengunjungi tempat ini.
Air Terjun Gitgit
Inilah air terjun paling terkenal di Bali. Air Terjun Gitgit berada di pinggir Jalan Raya Denpasar – Bedugul – Singaraja. Air Terjun yang berada 300 meter di atas permukaan laut dan sering dikunjungi wisatawan, bisa sangat ramai. Air Terjun Gitgit terletak di desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air terjun Gitgit terletak di antara desa dan perkebunan cengkeh. Semua 3 seri kaskade berada pada daerah aliran sungai yang sama. Mereka memiliki tempat parkir terpisah, semuanya berdekatan. Jalan dan tangga terpelihara dengan baik, sehingga lebih mudah untuk dikunjungi. Di sisi jalan yang melewati air terjun, ada beberapa toko suvenir. Sepanjang jalan Anda juga melihat banyak anak kecil yang mencoba menjual manik-manik. Anda juga akan menemukan banyak panduan yang mencoba menunjukkan jalannya!
Air terjun Gitgit terdiri dari beberapa air terjun dengan berbagai bentuk dan ketinggian. Di tengah jalan, pemandangan berubah dan di kedua sisi Anda bisa melihat pohon kopi dan cengkeh. Ini adalah pengalaman menyegarkan untuk berjalan di daerah yang sepi dimana burung-burung bergiliran bernyanyi. Udara sejuk dan berangsur-angsur menjadi lebih dingin saat Anda mendekati air terjun. Tak jauh dari air terjun, semprotan air halus akan mendinginkan tubuh Anda. Terkadang atmosfer akan menjadi berkabut.
Air Terjun pertama di Air Terjun Git Git adalah Twin Falls Anda harus turun jalan dan tangga untuk sampai ke sana. Air Terjun Terjun seperti namanya, terdiri dari dua air terjun yang berdampingan. Kedua air terjun tersebut tidak terlalu tinggi tapi arusnya cukup deras. Di bawah air terjun ada kolam kecil dengan air yang sangat jernih dan dingin. Air terjun ini terlindung di tebing yang sempit sehingga agak gelap. Pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun membuat suasananya sejuk dan indah.
Air terjun kedua di Git Git Waterfal merupakan kelanjutan dari Twin Falls. Sumber air berasal dari DAS Twin Falls. Air terjun kedua sedikit lebih tinggi dari Twin Falls, tingginya setinggi enam puluh meter dan saat airnya turun, sepertinya awan putih jatuh di gunung satu demi satu. Air yang jatuh hampir sepenuhnya menutupi permukaan batu jatuhnya.
Air Terjun ketiga di Air Terjun Gitgit disebut Waterfall Story. Anda hanya bisa melihat air terjun ini dari jembatan yang tidak begitu tinggi namun cukup indah. Airnya sangat bersih dan jernih. Air terjun ini terletak di bawah jembatan dan ditutupi pepohonan. Anda tidak bisa melihat air terjun ini dari depan.
Ada air terjun yang indah di bali yang patut anda kunjungi. Ada yang mudah dijangkau, ada yang lebih menantang. Sebagian besar air terjun ada di pegunungan di Bali Utara

BACA JUGA : Paket Watersport di Bali