Mengenal Jenis Dan Macam Alat Sterilisasi Alkes

alat sterilisasi alkes 29 Aug

Mengenal Jenis Dan Macam Alat Sterilisasi Alkes

Alat sterilisasi alkes atau kita biasa menyebutnya dengan sterilisator alat medis. Merupakan satu alat atau instrument yang digunakan untuk melakukan sterilisasi terhadap alkes atau alat – alat medis. Sterilisasi alkes merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan di rumah sakit, klinik dan pusat pelayanan kesehatan lain apapun bentuknya. Tujuan dari sterilisasi ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya infeksi karena pemakaian alat – alat medis secara bergantian.

alat sterilisasi alkes

Sterilisasi alkes dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu fisik dan kimiawi. Namun apabila keduanya dilakukan akan lebih baik. Proses sterilisasi secara fisik dilakukan dengan menggunakan alat yaitu sterilisator yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

2 Jenis Alat Sterilisasi Alkes

Pada umumnya dikenal dua jens alat sterilisasi alkes yang banyak digunakan di rumah sakit yaitu sterilisator kering dan sterilisator basah (autoclave). Sekarang kita akan jelaskan satu persatu.

1. Autoclave

Autoclave disebut juga dengan istilah sterilisator basah dan terkadang disebut dengan alat sterilisai uap. Mengapa demikian ? Karena autoclave dalam proses sterilisasinya menggunakan kekuatan panas uap dari air yang dididihkan dengan menggunakan elemen pemanas. Oleh sebab itu autoclave juga disebut dengan alat sterilisasi basah.

Tempat jual Autoclave cukup banyak dan anda tidak perlu bingung mencarinya. Anda bisa kunjungi distributor alat – alat kesehatan di kota anda. Atau anda juga bisa beli secara online dari website toko alat kesehatan online yang terpercaya.

2. Sterilisator Kering (Dry Heat Sterilizer)

Alat sterilisasi jenis kedua yaitu Sterilisator Kering, atau disebut juga Dry Heat Sterilizer. Mengapa disebut dengan sterilisator kering karena tidak menggunakan media air dalam proses sterilisasinya. Lalu bagaimana prinsip kerja alat ini ? Yaitu dengan panas yang dihasilkan dari sinar infra merah suhu tinggi dan ada juga yang menggunakan ozon.

Bentuk alat ini menyerupai kulkas yang memiliki dua pintu untuk ukuran 100 liter, satu pintu yang berukuran 50 liter. Harga sterilisator kering 1 pintu tentu lebih murah daripada sterilisator dengan dua pintu.

Demikian itu ulasan singkat mengenai alat sterilisasi alkes yang umum digunakan di rumah sakit dan klinik. Semoga bermanfaat.