Bioskop Keren Widji Thukul Bangkit Lalu Dimatikan Kembali. . . .

21 Jun

Bioskop Keren Widji Thukul Bangkit Lalu Dimatikan Kembali. . . .

Boleh dikatakan film ini merupakan film bergenre dokumenter. Sobat nonton bioskop keren yang lagi baca tulisan pendek ini, film  ideologis ini agaknya dirasakan memang tak akan mudah dinikmati oleh awam.  Masyarakat awam yang dimaksud disini adalah mereka – mereka  yang asing dan  begitu buta  dengan karya sastra puisikanya, dan otomatis dengan sosok  satrawan ideologis Wiji Thukul itu. Kami hanya mengenal nama, kami hanya tahu di tidak pulang semenjak huru – hara 98 lalu, kami hanya tahu dia itu hanyalah buruh pabrik misalnya, begitu gumam yang sering muncul. Lalu dimana dia sekarang, . . . .

Bagi sobat nonton bioskop keren yang senang berorganiasi, senamg dengan dunia pergerakan, maka film ini menjadi sumber pengetahuan yang akan memberi penjelasan. Film ini tidaklah bungkam. Maka itu, adalah kewajiban bagi para pengagum sastrawan-aktivis HAM yang diduga diculik oleh militer 98 ini untuk menyimak dan merenungi Istirahatlah Kata-Kata. Dari serpihan riwayat radikal Wiji Thukul, Yosep Anggi Noen selaku sutradara memilih mengabadikan periode awal pelarian Wiji sebagai buronan tentara. Ia pejuang biasa, bukan Tan Malaka atau apalagi Bung Karno yang punya bala pengikut. Namun, makna keberadaannya tak jauh berbeda.

Sekali lagi ini adalah film genre dokumenter, dan nuansanya ideologis. Maka baginya adalah penyampai kritik. Sobat nonton film bioskop keren , bagi sosok seperti Wiji thukul, berlari adalah pernyataan diri yang asosiasinya adalah melawan. Bertahan hidup adalah sebuah ancaman penumbangan bagi penguasa. Menyimak senyap dan kesunyian yang ia hadapi di masanya main kucing-kucingan dengan aparat sudah seperti melihat sisi lain sebuah peperangan. Akting Gunawan Maryanto sebagai Wiji Thukul dan pemeran lainnya sukses menyatakan dengan realistis melalui  ekspresi-ekspresi yang juga realistis dan padat, didukung dialog naskah yang juga sangat alami non artifisial. Mungkin ini adalah sesuatu yang harus ada dan penting bagi isian katalog film – film Indonesia yang semakin perlu dibiakkan.

Kunjungi : nontonmovie online