Cara Aman Mengatasi Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil

6 Aug

Cara Aman Mengatasi Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil

Sesuai anjuran, seorang ibu hamil memang tidak boleh sembarangan dalam memilih dan menggunakan obat ketika mengalami suatu penyakit. Cara mengobati batuk berdahak pada anak maupun pada ibu hamil haruslah menggunakan cara yang aman sehingga tidak mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Kondisi janin yang masih lemah tentu menjadi alasan utama, karena ia masih sangat sensitif terhadap efek samping dari bahan-bahan aktif yang terkandung pada berbagai jenis obat tersebut. Begitu juga dalam memilih obat untuk meredakan batuk berdahak.

Saat batuk menyerang, sangat tidak disarankan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi obat-obat batuk tanpa resep dokter, terutama obat batuk yang banyak dijual di warung. Sejumlah penelitian memang mendasari alasan tersebut, karena disebutkan bahwa konsumsi obat batuk tanpa resep dokter dapat menaikkan risiko cacat lahir dan keguguran pada janin. Oleh karena itu, mengetahui obat batuk kering serta obat batuk berdahak sangatlah penting, simak tips tips berikut ini :

  1. Menggunakan Jeruk Limau

Jeruk limau dapat kita jadikan obat batuk yang efektif dalam mengatasi batuk berdahak pada ibu hamil. Biasanya, pengobatan batuk memakai jeruk limau diminum berupa jus jeruk hangat yang lebih nikmat dan menyegarkan.

  1. Rebusan Daun Sereh

Air rebusan daun sereh memiliki khasiat yang jauh lebih efektif mengobati batuk berdahak dibandingkan berbagai jenis obat batuk alami yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UI, diungkapkan bahwa sereh mampu meredakan batuk lebih cepat ketimbang dengan jeruk nipis maupun jahe.

  1. Wedang Asam Jawa

Obat batuk berdahak alami yang terakhir ini disebut-sebut sebagai cara paling manjur. Wedang asam jawa yang dicampur dengan gula jawa sangat efektif untuk mencairkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki penyakit maag, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi ramuan ini.

Demikian tips-tips herbal cara mengobati batuk berdahak pada ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan membuat batuk Anda cepat reda.