Fungsi Pembukuan Yang Harus Dipahami Oleh Pelaku Bisnis Baik Kecil Ataupun Menengah

Fungsi Pembukuan Yang Harus Dipahami Oleh Pelaku Bisnis Baik Kecil Ataupun Menengah 23 Aug

Fungsi Pembukuan Yang Harus Dipahami Oleh Pelaku Bisnis Baik Kecil Ataupun Menengah

Pembukuan merupakan salah satu komponen dalam bisnis yang tidak boleh diremehkan. Ada banyak sekali kerugian yang Anda dapatkan jika tidak menyusun book-keeping secara baik dan benar, diantaranya adalah tidak bisa melihat kondisi keuangan perusahaan saat ini, terhambatnya proses peminjaman uang, tidak dapat mengambil keputusan bisnis dengan cepat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja perusahaan Anda tidak mau jika hal-hal buruk tersebut terjadi. Nah, untuk itu Anda harus senantiasa untuk menjaga book-keeping agar selalu di up-date secara rutin dan memberikan informasi yang benar terkait keadaan keuangan dari perusahaan. Untuk memudahkan semua pencatatan transaksi, perlu digunakannya aplikasi pembukuan, karena dengan menggunakan sistem, pemilik perusahaan akan lebih mudah dalam memantau bisnisnya.

Fungsi Pembukuan Yang Harus Dipahami Oleh Pelaku Bisnis Baik Kecil Ataupun Menengah
Fungsi Pembukuan Yang Harus Dipahami Oleh Pelaku Bisnis Baik Kecil Ataupun Menengah

Penasaran apa saja fungsi dari pembukuan yang memiliki peran penting bagi perusahaan ini? Yuk langsung saja simak sajian menarik berikut ini.

  1. Mengetahui setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan
    Fungsi utama dari pembukuan adalah mengetahui transaksi apa saja yang terjadi di dalam suatu perusahaan. Semua transaksi harus dicatat dalam book-keeping dan tidak boleh ada satu transaksi pun yang terlewatkan.
    Dalam hal tersebut, memang ketelitian dan kejelian sangat diperlukan agar tidak ada kesalahan yang berarti.
    Pencatatan yang dilakukan dengan teliti dan rapi sangatlah berpengaruh bagi berlangsungnya suatu bisnis yang dijalankan. Dengan mencatat semua transaksi pada periode tertentu, maka akan diketahui perputaran distribusi uangnya, kemana uang tersebut pergi dan siapa saja yang menggunakan uangnya.

    Tidak hanya distribusi uang saja yang diketahui, distribusi barang juga dapat dipantau secara jelas. Berapa jumlah barang yang terjual pada haru tersebut dan berapa total barang yang masuk dapat dilihat dengan jelas, karena pencatatannya rapi dan teratur.

  2. Mengetahui besarnya kerugian dan keuntungan perusahaan
    Perhitungan keuntungan dan kerugian perusahaan merupakan data yang sering dicari oleh perusahaan untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang tepat dalam menjalankan usaha ke depannya.

    Jika terjadi kerugian, maka harus segera dicarikan solusinya agar tidak mengakibatkan kebangkrutan bagi perusahaan.

    Dengan pembukuan yang rapi, maka akan diketahui arus distribusi barang ataupun uang setiap harinya, sehingga perusahaan dapat memperkirakan berapa jumlah keuntungan yang didapatkan ataupun berapa total kerugian yang diderita.

    Dari pencatatan-pencatatan prestasi tersebut bisa terlihat dengan jelas perkembangan keuangan dari perusahaan yang nantinya akan menggambarkan keadaan dari suatu perusahaan apakah mengalami untung atau rugi.

  3. Bahan penilaian usaha
    Pembukuan merupakan rekaman mengenai segala aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Dari rekaman tersebut dapat disimpulkan bahwa usaha yang dijalankan membawa dampak baik seperti memperoleh keuntungan atau membawa dampak buruk seperti menderita kerugian.

    Jika memang perusahaan memperoleh keuntungan, maka akan dicarikan strategi untuk mempertahankan usaha dan mengembangkannya agar keuntungan yang didapatkan lebih banyak lagi.

    Begitu pula jika terjadi kerugian, maka book-keeping ini bisa dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan untuk mencari solusi yang tepat agar tidak menderita kerugian lagi di kemudian hari.

    Acuan ini dapat dilakukan untuk mencari kesalahan-kesalahan apa saja yang membuat bisnis menjadi rugi, kemudian menyusun cara yang baru untuk mengatasi kesalahan tersebut dan menjadikan perusahaan lebih berkembang.

Dengan adanya book-keeping ini, maka perusahaan dapat terhindarkan dari masalah kebangkrutan, karena setiap perkembangan usaha dapat dipantau dengan sangat baik.

Beberapa fungsi dari pembukuan tersebut harus selalu diingat oleh pelaku bisnis agar senantiasa menyusun book-keeping yang rapi dan selalu di up-date setiap saat.

Untuk menghasilkan pembukuan yang rapi dan akurat, gunakanlah software akuntansi Sleekr Accounting yang dapat memudahkan pekerjaan book-keeping dengan fitur-fitur menarik di dalamnya. Software ini juga sangat praktis, karena berbasis online dan tidak memerlukan komputer, melainkan menggunakan smarthphone android. Informasi selengkapnya mengenai software ini dapat Anda akses pada situs https://sleekr.co/accounting/.