Geografi  Gorontalo

16 Oct

Geografi  Gorontalo

Kode Pos

Daerah Kwandang

Gorontalo terletak di sebelah utara semenanjung Sulawesi, yang juga dikenal dengan nama Semenanjung Minahasa. Provinsi ini memiliki daerah bentuk yang memanjang, membentang dari barat ke timur hampir secara horizontal pada peta, dengan luas total 11,257.07 km2 (4,346.38 sq mi). [17] Di sebelah utara dan selatan provinsi terletak Laut Sulawesi dan Teluk Gorontalo atau yang dikenal sebagai Teluk Tomini. Sebelum Tahun 2000CE, Provinsi Gorontalo merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara yang terletak di perbatasan timur. Batas barat provinsi ini adalah provinsi Sulawesi Tengah.

Secara topografis, provinsi ini relatif rendah (0-40o), dengan ketinggian berkisar antara 0-2.400 m (7.900 kaki) di atas permukaan laut. Panjang garis pantainya lebih dari 590 km (370 mi). Menghitung Zona Ekonomi Eksklusif ke utara di mana Filipina berada di perbatasan, total wilayah laut provinsi ini lebih dari 50.500 km2 (19.500 sq mi). Ada beberapa pulau kecil di utara dan selatan provinsi ini, 67 di antaranya telah diidentifikasi dan dinamai.

Divisi administratif

Kantor Gubernur Provinsi Gorontalo (2010).
Gubernur dan wakil gubernur, yang dipilih langsung oleh masyarakat, kepala pemerintahan provinsi. Provinsi ini terbagi menjadi lima kabupaten (Indonesia: kabupaten) dan hanya satu kota (Indonesia: kota). Ketika provinsi ini didirikan pada tahun 2000, hanya ada dua kabupaten dan kota di provinsi ini. Pemekaran kabupaten terjadi pada tahun 2003 (ketika Kabupaten Pohuwato diciptakan dari bagian barat Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Bone Bolango diciptakan dari bagian timur Kabupaten Gorontalo) dan 2007 (ketika Kabupaten Gorontalo Utara dibuat dari bagian utara Kabupaten Gorontalo ).
Sampai tahun 2010, daftar kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo diberikan pada tabel di bawah ini.

Kode Pos Desa