Jenis-Jenis Busur Panah yang Sedang Populer

jual panah 24 Aug

Jenis-Jenis Busur Panah yang Sedang Populer

Jenis Busur Panah – Ada beberapa jenis-jenis busur panah yang kerap digunakan oleh pemanah profesional. Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa jenis busur panah, berikut ulasan lengkapnya.

jual panah

Recurve Bow

Recurve Bow merupakan jenis busur unik dengan lengkungan limb yang menjauhi panahan sejatinya memungkinkan penyimpanan energi yang sama besar dengan busur lurus yang lebih pendek. Bentuk busur Recurve Bow pun membantu mobilitas tangan pemanah secara leluasa saat menggunakannya.

Jenis busur yang satu ini pun pada zamannya menjadi busur yang paling terkenal di kalangan pemanah berkuda loh. Dan kini, Recurve Bow menjadi busur standar tetap yang biasa dipakai dalam kompetisi internasional.

Compound Bow

Compound Bow adalah jenis busur yang memiliki sistem penembakan terunik dibandingkan dengan jenis busur straight bow dan recurce bow yang biasa mengandalkan string untuk penembakan. Compound Bow memiliki mekanisme katrol dalam penembakan yang unik yang biasa disebut dengan left off alias berat di awal dan ringan di akhir.

Selain dari pada itu, limb pada busur yang ini terbilang lebih kaku dibandingkan jenis busur recurve bow dan straight bow sehingga dapat menyimpan dan menyalurkan energi lebih efektif dan efisien bagi pemanah dengan kecepatan melesatkan panah mencapai 20 meter per detik.

BACA: Jual Panah Berkualitas Dengan Harga Murah

Long Bow

Long bow ialah jenis busur yang dapat dikatakan sama tinggi dengan penggunanya. Dengan panjang busur mencapai 2 meter tak ayalnya mempermudah pemanah untuk menarik panahan hingga ke depan wajahnya.

Long Bow kerap kali dipakai di Inggris dengan variasi English Low Bow sebagaimana senjata perang sebelum kemunculan senjata api. Jenis busur yang satu ini pun memiliki berat tarikan alias draw weight yang dapat mencapai 160 lbf atau sekitar 710 N.

Yumi

Yumi salah satu busur tradisional dari Jepang yang dulu kerap kali dipakai dalam seni pahanan Jepang yakni Kyudo. Tidak berhenti sampai di sana. Yumi sering kali menjadi senjata perang yang dipakai samurai dalam peperangan di masanya.

Berasal dari Negeri Sakura, jenis busur yang satu ini, yap Yumi namanya pun memiliki bentuk yang khas yakni bentuk asimetrik dengan panjang dimensi sekitar 2 meter yang membentang di busur khas Jepang satu ini.