Komplikasi Penyakit Darah Tinggi

22 Sep

Komplikasi Penyakit Darah Tinggi

Komplikasi Penyakit Darah Tinggi

Komplikasi Penyakit Darah Tinggi – Darah tinggi atau memiliki nama lain hipertensi adalah suatu kondisi kesehatan yang mempengaruhi kekuatan aliran darah dari jantung kemudian mendorong melawan dinding rahim pembuluh darah arteri. Dimana kekuatan tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu yang dapat dipengaruhi oleh aktivitas berolahraga maupun normal.

Komplikasi Penyakit Darah Tinggi

Pada umumnya, tekanan darah tinggi tidak menunjukan gejala namun hal ini dapat meningkatkan risiko sebagai penyebab kematian. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan Anda untuk menderita hipertensi juga akan meningkat seperti berikut inilah beberapa faktor pemicu meningkatnya darah tinggi :

  • Usia di atas 65 tahun
  • Anda yang mengkonsumsi banyak garam
  • Kelebihan berat badan dan memiliki riwayat hipertensi
  • Kekurangan konsumsi buah dan sayuran
  • Jarang berolahraga dan terlalu banyak minum yang mengandung kafein
  • Banyak mengkonsumsi minuman alkohol

Komplikasi darah tinggi (hipertensi)

Tekanan darah yang tidak terkontrol pastinya akan berpotensi menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya. Dimana komplikasi darah tinggi yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung, stroke dan ginjal. Maka dari itu penting bagi anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi ke tahap normal.

Jika tidak segera diobati, tekanan darah tinggi (hipertensi) akan lebih membebani jantung dan pembuluh darah sehingga muncul beberapa komplikasi yang berpotensi seperti :

  • Serangan jantung, dimana komplikasi ini sangat berpotensi besar yang menyebabkan penebalan dan pengerasan dinding arteri
  • Aneurisme atau sering disebut dengan pelebaran pada arteri, pelebaran ini akan memicu pelebaran dinding pembuluh darah sehingga mampu mengancam jiwa terutama jika pembuluh darah pecah.
  • Sindrom metabolik, adalah masalah kesehatan yang banyak dialami secara bersamaan. Yang mana lingkar pinggang meningkat, kadar gula darah tinggi disertai dengan hipertensi akan meningkatkan sindrom metabolik yang pada akhirnya berisiko terjadi penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai masalah kesehatan tekanan darah tinggi yang perlu anda ketahui secara dini sebelum menyerang anda. Semoga apa yang disampaikan pada postingan kali ini bermanfaat dan bisa membantu anda semua.

Sumber : http://www.qncjellygamat.com/