Lama Pengobatan Penyakit Bronkitis

16 Sep

Lama Pengobatan Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada bronkus. Bronkus merupakan saluran napas utama dari paru-paru. Kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh respon alergi, iritasi atau pun infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan parasit.

Lama Pengobatan Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis dibedakan berdasarkan lama terjadinya, bronkitis terbagi menjadi dua. Berikut ini adalah perbedaan jangka waktu lamanya penyakit terjadi:

  • Bronkitis akut: Bronkitis akut dapat berlangsung kurang dari 2-3 minggu, penyakit ini umumnya disebabkan karena virus. Sehingga dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu.
  • Bronkitis kronik: Bronkitis kronik dapat berlangsung setidaknya selama 3 bulan. Kondisi ini dapat disebabkan karena dampak terjadinya iritasi akibat rokok atau pun faktor lingkungan, sehingga penyakit ini belum bisa disembuhkan dengan tuntas.

Lama penyembuhan penyakit bronkitis tergantung dari tingkat keparahan penyakit yang diderita. Untuk melakukan perawatan anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Istirahat yang cukup.
  2. Perbanyak konsumsi air putih.
  3. Hindari paparan asam rokok atau pun polusi udara lainnya
  4. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, panas dan berminyak.
  5. konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi secara teratur.
  6. Jalani pola hidup sehat.

sumber : http://www.beritaharianmu.com/obat-tradisional-batuk-bronkitis-pada-anak/

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meringankan gejala penyakit bronkitis yang anda alami. Dengan melakukan perawatan secara teratur maka gejala yang biasa anda rasakan akan berangsur membaik. Pengobatan penyakit bronkitis harus melewati tahap pemeriksaan terlebih dahulu, untuk memastikan tingkat keparahan penyakit itu sendiri.

Pada penderita penyakit bronkitis akut atau penyakit bronkitis yang disebabkan oleh virus, mungkin dokter tidak akan memberikan antibiotik. Karena pemberian antibiotik hanya akan dilakukan jika terjadi infeksi bakteri. Jika anda mengalami peningkatan jumlah lendir dan kekentalannya, berarti anda sudah terinfeksi oleh bakteri. Resep antibiotik biasanya diberikan oleh dokter hanya untuk 5 hari saja.

Sedangkan bronkitis kronis dilakukan pengobatan yang cukup serius untuk mengencerkan mukosa atau lendir yang mengganggu sistem pernapasan. Cara lain mengobati penyakit bronkitis kronis adalah dengan rehabilitasi paru. Hal ini dapat dilakukan untuk meringankan gejala yang muncul.

Bagi penderita bronkitis kronis, sangat disarankan untuk menghindari obat-obatan yang dapat dibeli bebas di apotek, terkecuali memang sudah diberi resep oleh dokter. Dokter akan meresepkan obat jika mukosa atau lendir yang berada didalam saluran pernapasan anda sulit dikeluarkan. Bagi anda yang menderita penyakit bronkitis kronis sangat di sarankan untuk berhenti merokok. Guna mencegah meningkatnya keparahan penyakit yang anda derita.