Menjaga Kebersihan Karpet Masjid

15 Sep

Menjaga Kebersihan Karpet Masjid

Karpet masjid merupakan salah satu barang wajib yang ada di dalam masjid. Karpet masjid merupakan barang yang paling bersinggungan dengan jamaa’ah selain sajadah dan mukena. Karena berhubungan langsung dengan jama’ah saat mereka melaksanakan shalat. Kaki, tangan dan wajah jama’ah berkontak langsung dengan karpet masjid. Maka tidak heran jika karpet masjid juga merupakan barang yang harus wajib kita jaga kebersihannya mengingat karpet masjid iti gampang berdebu dan kotor. Debu mudah melekat dan berkumpul pada karpet karena letaknya dibawah dan selalu diinjak di dalam masjid terlebih terkadang ada kaki yang kurang bersih. Debu yang terkumpul akan berakibat tumbhnya sejenis bakteri maupun tungau yang sangat kecil.

Kelembaban masjid juga harus diperhatikan, umumnya kelembaban salah satu penyebab tumbuhnya Tungau Debu Karpet. Mushala/masjid perlu diperhatikan ventilasi cahaya masuk. Kurangnya sinar matahari yang masuk tentunya menyebabkan tingginya angka kelembaban. Ukuran tungau juga sangat kecil, sehingga mudah sekali terbawa angin dan bisa masuk kedalam saluran pernafasan manusia apalagi pada saat posisi sujud. Sangat memungkinkan menghirup tungau debu karpet dan dapat menimbulkan efek alergi yang berbahaya terlebih dalam kondisi badan tidak fit.

Di masjid, telapak kaki paling banyak bersentuhan dengan karpet, sehingga sangat dimungkinkan serpihan kulit kaki akan menjadi sumber makanan bagi Tungau Debu Karpet. Melihat persoalan yang telah dijabarkan, perlu bagi setiap takmir masjid dan pengurus masjid memperhatikan kebersihan karpet. Karpet harus sering di sedot debunya dengan menggunakan Vacum Cleaner guna menghilangkan tungau debu karpet yang bersarang. Krpet harus menjadi tempat yang nyaman bagi jemaah masjid yang datang, bukan palah menjadi sumber peyakit. Bagi masjid yang menggunakan masjid, perlu mempunyai alat penyedot debu. Atau dnegan cara bergotong royong menjemur karpet di sinar matahari sambil dibersihkan debunya dengan sapu lidi atau menyikatnya dengan deterjen juga cara yang ampuh walaupun merusak warna karpet. Janganlah sampai penggunaan karpet di masjid / musholla justru menimbulkan akibat yang tidak baik karena kurangnya kesadaran jamaah/takmir untuk menjaga kebersihan termasuk kebersihan karpet masjid, padahal “kebersihan adalah sebagian dari iman”.