Obat Luka Bakar dengan Kulit Pisang

9 Oct

Obat Luka Bakar dengan Kulit Pisang

Obat Luka Bakar dengan Kulit Pisang

Obat Luka Bakar dengan Kulit Pisang –¬†Luka bakar merupakan sejenis cedera pada kulit yang dapat disebakan oleh bahan kimia yang mengenai kulit, radiasi, sengatan listrik, dan masih banyak lagi. Ada beberapa jenis luka bakar menurut tingkat keparahannya.

Obat Luka Bakar dengan Kulit Pisang

Untuk mengobati luka bakar itu sendiri, harus sesuai juga dengan tingkat keparahannya. Mungkin Anda bertanya-tanya, adakah bahan alami yang dapat menyembuhkan luka bakar. Untuk itu, saya akan mencoba merekomendasikan mengobati luka bakar dengan bahan alami yaitu dengan memanfaatkan kulit pisang.

Percayakah Anda bahwa kulit pisang yang biasanya dikenal sebagai sampah, ternyata ada manfaatnya juga yaitu mengobati luka bakar. Manfaat kulit pisang ini nyatanya banyak juga digunakan sebagai bahan untuk kecantikan. Di dalam kulit pisang terkandung seperti, vitamin B, vitamin B6, vitamin B, fosfor, kalium, dan magnesium.

Cara mengobati luka bakar menggunakan kulit pisang ini cukup mudah, yang Anda lakukan hanyalah:

  • Gosokkan kulit pisang pada bagian kulit dalam secara perlahan dan lembut
  • Agar nutrisi dan kandungan dalam kulit pisang menyerap ke dalam kulit, gosokkan sampai kulit pisang tersebut berubah warna
  • Itulah cara sederhana mengobati luka bakar dengan memanfaatkan kulit pisang.

Selain mengobati luka bakar, ada juga beberapa manfaat dari kulit pisang, di antaranya:

  • Menghilangkan kutil

Daging yang tumbuh seperti jerawat. Kutil ini bisa sangat menggangu, jika dibiarkan akan membuat penampilan tidak percaya diri. Cara menghilangkan kutil dengan kulit pisang yaitu, potong pisang sesuai ukuran kutil dan tempelkan pada kutil setiap malam menjelang mau tidur. Atau bisa juga dengan cara menggosok-gosokkannya pada kutil kurang lebih 10 menit lalu bilas

  • Menghilangkan jerawat

Kandungan anti jamur dan antioksidan dalam pisang dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat, mengurangi minyak berlebih serta mampu mempercepat penyembuhannya maupun menghilangkan bekas jerawat itu sendiri

  • Perlindungan UV

Zat yang terkandung dalam pisang ternyata juga dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

  • Mencegah iritasi pada kulit

Kandungan antioksidan alami serta mineral dalam kulit pisang ini juga bisa membantu meremajakan kulit dan menyembuhkan iritasi maupun luka memar pada kulit.

  • Menghindari gigitan nyamuk

Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati akibat dari gigitan nyamuk. Cara pakainyapun sama seperti mencegah iritasi pada kulit.

  • Anti depresan

Sebuah penelitian di Amerika telah menemukan bahwa meminum jus kulit pisang ternyata bisa meredakan emosi. Dalam pisang terkandung triptofan yang memperbaiki suasana hati dengan menaikan kadar serotonim. Zat inilah yang memiliki tanggung jawab menyeimbangkan mood seseorang.

  • Menghambat kerutan pada wajah

Manfaat lain dari kulit pisang ialah menghambat kerutan pada wajah. Caranya mudah, kulit pisang yang sudah terpisah dengan isinya campurkan dengan satu teh madu murni. Lalu balurkan ke bagian wajah yang terlihat berkeriput, diamkan kuarng lebih selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan handuk. Jika ingin hasil yang memuaskan, lakukan selama 3 minggu sekali.

  • Mengatasi insomnia

Kesusahan tidur atau bisa disebut juga dengan insomnia ini bisa disebabkan karena depresi atau stres tinggi. Caranya yaitu terlebih dahulu rebus kulit pisang alami lalu campurkan kayu manis. Rebus kurang lebih 10 menit lalu saring. Minum rebusan tersebut 10-15 menit sebelum tidur.

Itulah artikel mengenai cara mengobati luka bakar dengan memanfaatkan kulit pisang. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.beritaharianmu.com/obat-luka-bakar-dari-kulit-buah-kelengkeng/