Pengen Bisa Speaking Tak Cukup dengan Googling

Pengen Bisa Speaking Tak Cukup dengan Googling 14 Jul

Pengen Bisa Speaking Tak Cukup dengan Googling

Kemampuan speaking (berbicara dalam bahasa inggris) sangat penting. Apalagi sekarang jamannya pasar bebas. Yang pengen bisa bicara bahasa inggris pun tidak hanya dari kalangan akademisi. Mereka yang punya usaha dan ingin memasarkan usahanya secara internasional harus memiliki kemampuan ini. Lantas, bagaimana caranya supaya bisa berbicara bahasa inggris?

Jangan pasif, aktiflah berbicara bahasa inggris

Pengen Bisa Speaking Tak Cukup dengan Googling

Seperti judul yang saya tulis, bisa berbicara bahasa inggris tidak bisa didapatkan hanya dengan membaca. Kemampuan membaca berkenaan dengan kemampuan menulis. Sementara untuk bisa berbicara, kamu harus lebih sering mendengarkan. Ini sudah rumus umum. Writing vs reading, speaking vs listening. Setuju?

Maka dari itu, jika kamu ingin bisa berbicara bahasa inggris. Jangan hanya sibuk membaca artikel berbahasa inggris saja. Sekali-kali jika membuka google translate, klik tombol suaranya. Jadi, kamu tidak hanya belajar vocab saja, tapi juga tahu cara bacanya. Bisa mendengarkan dan meniru pronounciationnya.

Berikut adalah beberapa tips bisa berbicara bahasa inggris dengan cepat dari dasar;

Pertama, mulailah dengan mencari script perkenalan diri dalam Bahasa Inggris (jika Anda senang googling). Coba praktekkan sendiri dulu jika memang Anda belum siap untuk mencobanya dengan orang lain. Jika sudah berani, Anda bisa mencobanya dengan keluarga Anda. Kemampuan memperkenalkan diri dalam bahasa inggris ini bisa berguna saat Anda berada di luar. Artinya, Anda bisa berkenalan dengan orang baru memakai bahasa inggris untuk menguji kemampuan Anda sekaligus meningkatkannya.

Kedua, coba perbanyak mendengarkan lagu bahasa inggris. Hal ini akan menambah kosa kata Bahasa Inggris Anda, lho! Sebab bahasa yang digunakan dalam lagu kadang bahasa-bahasa slang. Bahasa gaul yang membuat obrolan lebih terasa dekat.

Ketiga, jangan takut mencoba. Kepercayaan diri dan ketenangan saat berbicara akan membuat kalimat yang Anda ucapkan menjadi bagus dan terlihat lebih oke. Jangan khawatir dengan grammar. Bicara saja dengan tetap menjadi sopan santun. Dalam speaking bahasa inggris, Anda tidak perlu terlalu benar grammarnya kok. Asal lawan bicara Anda mengerti.

Keempat, tetap belajar. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Anda dengan menjadikannya sebagai habit. Kemampuan bahasa kadang akan turun ketika tidak diasah. Kadang lupa atau hilang rasa percaya diri. Solusinya, Anda bisa membuat hari khusus berbahasa inggris untuk membantu Anda mendisiplinkan diri berbahasa inggris. Awal-awal bisa dua hari dalam seminggu, selanjutnya bisa 4 hari dalam seminggu. Sesuaikan dengan kemampuan Anda.